Swift

Pengaruh Anime di Kalangan Pelajar


Hasil Wawancara Langsung

Anime adalah animasi khas Jepang yang dicirikan melalui gambar berwarna-warni yang menampilkan tokoh,lokasi dan cerita layaknya film-film pada umumnya. Kata anime tampil dalam tiga karakter katakana a,ni,me yang merupakan serapan dari bahasa Inggris ‘animation’.

Anime pertama yang mencapai kepopuleran adalah Astro Boy karya Ozamu Tezuka tahun 1963. Kedatangan anime ini disambut baik oleh penggemar anime seluruh dunia termasuk Indonesia. Menurut saya banyak sekali penggemar anime yag berasal dari kalangan remaja,dewasa sampai anak-anak. Tidak sedikit dari mereka yang fanatik tentang anime seperti mengumpulkan aksesoris,manga maupun menjadi ‘cosplay’ layaknya anime yang mereka suka. Tetapi,perlu diketahui bahwa kedatangan anime sangat berpengaruh bagi kalangan pelajar Indonesia.

Berdasaran data wawancara yang saya ambil,Lusiana dan Fauziyyah berpendapat  bahwa dengan menonton anime dapat menumbuhkan ide-ide terpendam,memberi inspirasi dan motivasi. Selain itu,kita dapat mengambil amanat terkandung. Anime dapat mengisi dan mengibur saat waktu senggang dan dapat lebih peka terhadap lingkungan sekitar,begitu pendapat Natasha.

Selain memiliki dapak positif,anime juga memiliki dampak negatif. Dimas berpendapat bahwa jika terlalu sering menonton anime dapat membuat kecanduan,menghabiskan banyak waktu dan menghabiskan uang jajan. Para pelajar yang sudah kecandua dapat menghabiskan waktunya untuk menonton anime bukannya belajar. Mereka yang sudah fanatik seringkali membeli aksesoris-aksesoris yang dapat menghabiskan uang jajan. Menurut Lusiana,Fauziyyah dan Natasha, bayak dari anime yang mengandung unsur porno yang dapat merusak moral bangsa. Namun menurut saya pribadi, jika sudah terobsesi maka dapat lupa daratan dan dapat menyebabkan gangguan psikologis.
            Dari data di atas,dapat disimpulkan bahwa anime mengandung lebih banyak unsur negatif daripada positifnya. Namun,saya akan sangat tidak setuju bila anime dihapus dari dunia film. Masih ada usur positif yang dapat diambil. Dampak yang diperoleh dari menonton anime tergantung dari cara penyikapan setiap individu terhadap anime tersebut.

Sekian,semoga bermanfaat,sayonaraaa~
#7daysblogging #7hariblogging #tantanganbloggerpeniti #7dayspenitiblogging
 

Similar Post

0 komentar